pengertian printing kain

pengertian printing kain


Tidak semua orang mengetahui apa itu printing kain. Tapi di kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi untuk anda mengenai hal ini agar dapat membantu anda mengenal lebih jauh apa itu jasa digital printing textile. Mungkin Anda hanya mengetahui bahwa jasa ini adalah mengenai sablon namun sebenarnya masih banyak jenis-jenisnya.

Sekilas jasa ini hampir sama dengan percetakan-percetakan yang lainnya yaitu jasa yang menggunakan metode cetak saring. Biasanya jasa-jasa ini digunakan untuk mereka pengusaha yang ingin membuat banner ataupun konveksi pakaian.


Metode yang digunakan untuk jasa ini adalah menggunakan metode cetak saring yaitu prosesnya memerlukan sebuah media sejenis penyaring tinta yang disebut juga dengan kain saring atau screen. Screen sendiri merupakan sebuah media untuk menyaring tinta ke atas bahan cetak serta tempat untuk meletakkan tinta ketika proses penyablonannya.


Bahan Printing Kain yang Sering Digunakan
Saat memanfaatkan jasa printing kain biasanya pada masa awal cetak sablon yang digunakan ialah screen yang terbuat dari sutra. Ada alasan mengapa banyak jasa print kain menggunakan kain sutra namun banyak juga kelemahan menggunakan kain ini misalnya kain tidak mampu bertahan dengan kelembaban udara, suhu, gesekan serta tidak memiliki resistensi mengenai bahan kimia. Satu lagi yang membuat banyak orang meninggalkan kain sutra yaitu karena kain sutra harganya relatif mahal.


Karena melihat kelemahan kain sutra yang tergolong mahal maka beberapa orang mencari solusi atas hal ini yaitu menggunakan bahan-bahan yang relatif lebih murah. Adapun bahan-bahan kain yang banyak digunakan seperti nylon, polyester dan juga stainless steel. Dari semua kain tersebut ada satu kain yang paling banyak digunakan yaitu kain stainless steel yaitu tergolong sangat stabli, kuat, tahan gesekan serta tidak menimbulkan arus listrik. Hal inilah yang membuat kain ini banyak digunakan oleh pengusaha jasa kain print dan cocok diaplikasikan di gelas, keramik seta benda-benda elektronik.


Ketika memutuskan untuk menyablon pakaian maka ukuran ketebalan kain saring yang kita gunakan mempengaruhi juga banyaknya tinta yang digunakan. Selain itu ini juga akan mempengaruhi gambar yang akan dicetak serta hasilnya. Selain itu, makin halus kain yang digunakan maka tinta yang digunakan juga tergolong sedikit. Misalnya saja kain 390T mampu memindahkan tinta yang tergolong lebih tipis dari pada kain 150T,tergantung pada mesin digital textile yang digunakan.

Saat hendak memasang bingkai, apapun bingkai yang anda gunakan sebaiknya screenya juga harus dipasang. Selain itu, harus dibersihkan terlebih dahulu dan satu lagi permukaanya harus dibuat agak kasar, biar nantinya kain saring mampu menempel. Oleh karena itu, setiap kain saring yang dibuat harus benar-benar kencang dan ditarik kuat, sebab apabila ada kain yang keluar maka akan mendapatkan berbagai macam masalah.
Itulah informasi mengenai bahan printing kain yang sering digunakan. semoga bermanfaat.

Komentar